Sejarah

Sesuai dengan tuntutan Visi Universitas Syiah Kuala "Menjadi Universitas yang inovatif, madiri dan terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, olah raga dan seni, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika", maka dalam menjawab tantangan tersebut terkait dengan pengembangan teknologi, pimpinan Universitas Syiah Kuala mendirikan sebuah Unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer (UPT. Puskom) pada tahun 1984 yang diserahi wewenang untuk melaksanakan pengelilaan dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Universitas Syiah Kuala dalam menunjang pelaksanaan kegiatan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat atau dengan kata lain penunjang pengelolaan dan penyelenggaraan program akademik di Universitas.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat dewasa ini, keberadaan UPT. Puskom di Universitas Syiah Kuala yang kini bernama UPT. Puksi (UPT. Pusat Komputer dan Sistem Informasi), dituntut untuk dapat menempatkan diri pada posisi terdepan dalam pengembangan teknologi. Karena itu pimpinan unversitas menyambut baik dan memberi dukungan penuh atas penyusunan Portfolio PUSTIKOM, karena dengan telah disusunnya portfolio ini, kita dapat mengetahui arah yang jelas terhadap pengembangan teknologi informasi di Unsyiah pada masa yang akan datang.

Dalam kesempatan ini pimpinan universitas menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada NUFFiC program beserta Tim ICT-nya, yang lebih banyak membantu dan membimbing staf kita. Puksi dalam hal penyusunan portofolio ini, dan terima kasih kepada jajaran UPT. Puksi Unsyiah yang telah berani memberikan dasar pijakan pengembangan ICT di Unsyiah, paling tidak sampai jangka waktu 2011.

Share this post