Tentang ICT UNSYIAH

ICT Center

Unit Pelaksana TeknisTeknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK.) atau disebut juga Unsyiah ICT Center merupakan pusat pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari pengembangan infrastruktur server dan jaringan hingga berbagai aplikasi untuk kepentingan civitas akademika Universitas Syiah Kuala. Selain itu, ICT Center ini juga kerap mengadakan sejumlah pelatihan baik untuk dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa.

upt_ict_unsyiah

UPT TIK Universitas Syiah Kuala didirikan dengan nama Unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer (UPT PUSKOM) pada tahun 1984 dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta penunjang pengelolaan dan penyelenggaraan program akademik di Universitas. Sejalan dengan perkembangan teknologi komputer dan sistem informasi, UPT PUSKOM berganti namanya menjadi UPT Pusat Komputer dan Sistem Informasi (UPT PUKSI).

Seiring dengan tuntutan Visi Universitas Syiah Kuala “Menjadi Universitas yang inovatif, mandiri dan terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, olah raga dan seni, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika”, maka untuk menjawab tantangan tersebut, pimpinan Universitas Syiah Kuala menjadikan UPT ini sebagai pusat pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat mendukung kepentingan seluruh civitas akademika dalam hal yang terkait dengan layanan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Syiah Kuala. Sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kelola, akhirnya UPT PUKSI diubah kembali namanya menjadi UPT TIK (ICT Center).

Adapun sejumlah fasilitas dan layanan yang disediakan oleh UPT TIK dapat dilihat pada http://ict.unsyiah.ac.id/index.php/fasilitas dan layanan.